KESATUAN TEMA DALAM BER-ARSITEKTUR - 082-33333-9949

KESATUAN TEMA DALAM BER-ARSITEKTUR

KESATUAN TEMA DALAM BER-ARSITEKTUR - PROLOG TEMA ARSITEKTURAL

TEMA ARSITEKTURAL

Penentuan tema sangatlah berpengaruh terhadap cita rasa yang ditampakkan pada tampilan bangunan. Sebuah desain arsitektur yang berkualitas selalu berpijak pada satu tema yang diterapkan pada keseluruhan cita rasa tampilan baik eksterior maupun interior bangunan. Jika ada ketidaksingkronan tema antara tampilan eksterior dengan interior, maka kualitas desain arsitektur bangunan tersebut berkurang meski menggunakan material yang mahal. Sebaliknya, kesatuan tema arsitektur akan menjadikan bangunan memiliki cita rasa tampilan yang tinggi meski tidak menggunakan material yang tergolong mahal.

Tampilan Depan Hunian Mewah
Tampilan Depan Hunian Mewah
Dalam kesempatan ini, satu projek yang dijadikan contoh studi adalah satu cluster kecil yang berlokasi di Kebagusan, Jakarta Selatan. Satu tema yang dipakai dalam arsitektur cluster ini adalah Arsitektur Klasik-Minimalis. Arsitektur klasik berfungsi untuk menampilkan kemewahan sebuah bangunan, sementara minimalis berfungsi untuk menampilkan cita rasa kekinian. Unsur klasik bisa ditemukan pada elemen arsitektural ralling, canopi dan bukaan teras yang mengambil bentukan dan goresan lengkung-lengkung kembang. Adapun unsur minimalis nya adalah penghapusan elemen ornamentasi dan ukiran sebagai aksen. Gantinya, aksen cenderung menggunakan batu alam, keramik dinding dan gradasi warna hitam putih.

Tampilan Denah Hunian mewah L1-L2
Tampilan Denah Hunian mewah L1-L2

LINGKUNGAN ARSITEKTURAL

Lingkungan cluster tidak luput dari sentuhan tema Klasik-minimalis. Sentuhan tersebut diterapkan pada pos jaga, gerbang dan gapura cluster sebab itulah tampilan pertama yang terlihat oleh pemilik hunian tersebut dan juga masyarakat yang lalu lalang melewatinya. Unsur-unsur lengkung dengan menghilangkan ornamentasi sebagai aksen menjadi singkronisasi arsitektur yang harus konsisten dalam penerapannya pada setiap tampilan bangunan hingga lingkungannya.

Tampilan Depan Perumahan Mewah
Tampilan Depan Perumahan Mewah

Tampilan Tampak Dari Atas Perumahan Mewah
Tampilan Tampak Dari Atas Perumahan Mewah

INTERIOR

Ruang tamu lebih dominan unsur klasiknya untuk menampilkan sebuah kemewahan baik bagi penghuni terutama bagi tamu saat berkunjung. Sentuhan klasik terletak pada pemilihan furniture meja, kursi serta pemilihan model lampu sebagai interior-nya. Material kayu menjadi unsur yang dominan untuk memperkuat unsur klasiknya. Meski demikian, ornamentasi klasik dihindari dalam perencanaannya agar cita rasa minimalis tidak benar-benar hilang.

Tampilan Interior Ruang Tamu Klasik
Tampilan Interior Ruang Tamu Klasik
Sementara ruang tidur lebih dominan unsur minimalis untuk menampilkan kesederhanaan bagi penghuni yang tentu lebih banyak beraktivitas secara intim di dalamnya. Ornamentasi yang dipakai di belakang kasur menggunakan pola-pola geometris dasar untuk memperkuat unsur minimalisnya. Namun, material kayu masih banyak dipakai pada setiap penyelesaian lantai dan furniture agar unsur klasik tidak hilang.

Tampilan Ruang Tidur Mewah Klasik
Tampilan Ruang Tidur Mewah Klasik

Konsultan Archirecon.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLUAlamat kantor di JL. Dukuh Kupang gang 31 no 04, Surabaya, Jawa Timur

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Sekolah Minimalis Hubungi 082.33333.9949

Desain Arsitektur Pesantren Hubungi 082.33333.9949

DESAIN HUNIAN BERATAP JENGKI 082-33333-9949