DESAIN SEKOLAH TAHFIDZ QUR'AN 082-33333-9949

SEKOLAH TAHFIDZ QUR'AN

SEKOLAH TAHFIDZ QUR'AN - PROLOG

Dari Abi Umamah ra. ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah olehmu Al Qur’an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa’at pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya).” (HR. Muslim)
Demikianlah satu di antara banyak sekali kemuliaan menjadi penghafal Alqur’an. Maka sudah semestinya setiap muslim terdorong untuk memperbanyak hafalan al-qur’an. Kegiatan ini dilakukan sedini mungkin sejak anak sudah berusia 3 tahun. Di usia itu, meski anak belum bisa membaca tapi pendengaran dan daya ingatnya sangat kuat dan lebih kuat hafalannya daripada di usia remaja dan dewasa. Inilah sekolah tahfidz qur’an yang direncanakan dibangun di Bendul Merisi Surabaya.

Desain Sekolah Tahfidz Qur'an - Prolog
Desain Sekolah Tahfidz Qur'an - Prolog

SEKOLAH TAHFIDZ QUR'AN - TAMPAK BANGUNAN

Bangunan ini direncanakan setinggi tiga lantai. Ada beberapa hal yang ditonjolkan pada tampak bangunan tersebut. Pertama adalah kekokohan. Kekokohan menunjukkan kekuatan tekad menjadi penghafal al-quran. Hal itu dicerminkan melalui dua kolom atap teras yang direncanakan berdimensi besar. Selain itu, olahan material batu alam pada dinding lantai pertama dan kedua mencerminkan kekokohan. Kedua adalah modern. Kemodernan menunjukkan karakter penghafal al-qur’an yang visioner. Bahwasanya penghafal al-qur’an bukanlah generasi terbelakang tapi justru generasi yang sangat bisa diharapkan untuk bekerja membangun peradaban mulia di masa mendatang. Kemodernan dicerminkan melalui langgam minimalis yang diterapkan sebagai langgam arsitektur yang diterima untuk saat ini sebagai langgam modern. Ketiga adalah karakter. Bahwasanya para penghafal al-qur’an adalah generasi yang memiliki karakter yang khas dan kokoh tidak muda berganti dan bergeser. Hal itu dikarenakan karakternya adalah Al-Qur’an yang tidak pernah berubah dan ketinggalan jaman. Karakter arsitektur itu dicerminkan melalui ornamentasi Islam yang ditata berada di atas atap carport sampai pada atap bangunan.

Desain Sekolah Tahfidz Qur'an - Tampak Bangunan
Desain Sekolah Tahfidz Qur'an - Tampak Bangunan

DESAIN SEKOLAH TAHFIDZ QUR'AN - DENAH BANGUNAN

Setiap lantai terdapat 3 ruang kelas dan 4 kamar mandi. Secara keseluruhan lantai 1 hingga 3 typikal. Hanya saja yang berbeda adalah peruntukan ruang saja. Di lantai 1 ada ruang loby, di lantai 2 ada ruang dapur-T.Makan, di lantai 3 ada ruang ustadz-ustadzah. Lantai 4 adalah atap yang sebagian merupakan atap cor beton.
Dengan luasan lahan 15x35 , bangunan bisa direncanakan terdapat innercourt. Innercourt adalah sebuah taman di dalam bangunan sebagai titik pusat bangunan. Fungsi dari innercourt ini adalah untuk pencahayaan dan penghawaan alami. Pencahayaan alami akan menjadi penerangan alami bagi bangunan sehingga tidak boros listrik di siang hari. Penghawaan alami untuk menjaga internal bangunan senantiasa sejuk sepanjang hari. Selain itu, taman innercourt akan menjadi daya tarik rekreatif bagi setiap anak dan ustadz ustadzahnya terutama ketika jam istirahat. Unsur rekreatif ini perlu dihadirkan untuk menurunkan ketegangan pada anak-anak selama kegiatan tahfidz berlangsung.

Desain Sekolah Tahfidz Qur'an - Denah Bangunan
Desain Sekolah Tahfidz Qur'an - Denah Bangunan

DESAIN SEKOLAH TAHFIDZ QUR'AN - KEGIATAN SEKOLAH & PENUNJANG

Kegiatan tahfidz dilakukan dalam lingkaran-lingkaran dimana ustadz ustadzahnya berada di tengah lingkaran atau pada lingkaran itu juga. Saat proses belajar berlangsung, beberapa kali diselingi dengan permainan yang sifatnya kenetik sehingga perlu bergerak semua peserta didik. Selingan tersebut untuk menciptakan keakraban antara satu anak dengan anak lainnya dan anak dengan ustadz ustadzahnya sehingga anak-anak tidak merasa tertekan, apalagi dunia anak-anak adalah dunia permainan. Dengan kegiatan sekolah yang seperti itu, maka model kelas adalah seperti aula terbuka tanpa ada kursi-kursi. Oleh karenanya, kelas-kelas tahfidz direncanakan aula. Dua akses pintu ditempatkan pada beberapa ruang untuk kemudahan sirkulasi dan memberi kesempatan di kemudian hari jika direktur menilai perlunya sekat partisi untuk membagi ruang kelas yang sudah ada menjadi dua ruangan. Adapun tangga direncanakan ada dua. Fungsi tangga pertama untuk sirkulasi sehari-hari anak-anak dan ustadz ustadzah. Fungsi kedua untuk sirkulasi jika terjadi kebakaran.

Konsultan Archirecon.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU


Blog, Updated at: 13.01

0 komentar:

Posting Komentar