DESAIN MASJID ANTISIPATIF 082-33333-9949

DESAIN MASJID ANTISIPATIF


DESAIN MASJID ANTISIPATIF - PROLOG 

Masjid merupakan kebutuhan spiritual bagi setiap muslim terutama bagi lelaki. Luasan masjid tentu harus di-perhitungkan agar mampu menam-pung kegiatan sholat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya. Di sini butuh kejelian pengelola masjid untuk menentukannya. Terkadang kebutuhan luas masjid hanya satu lantai di saat ini, tapi masa depan seiring dengan meningkatnya jumlah warga dan peningkatan kesadaran Islam, kebutuhan luas masjid bisa lebih dari satu lantai. Oleh karenanya desain antisipatif perlu direncanakan saat merancang sebuah masjid. Tentu prinsip-prinsip yang lain seperti pencahayaan alami dan identitas arsitektur Islam harus diperhatikan pula pada setiap desain masjid.

DESAIN MASJID ANTISIPATIF - PROLOG
Desain Masjid Antisipatif - Prolog


Desain Masjid Antisipatif - Prolog
Desain Masjid Antisipatif - Prolog

DESAIN MASJID ANTISIPATIF - ANTISPATIF LANTAI

Contoh masjid yang direncanakan kali ini berlokasi di Lamongan. Ada upaya perombakan gedung masjid utama sehingga mampu menampung kegiatan berjamaah lebih layak sekaligus syiar bagi lingkungan sekitar terkait eksistensi masjid tersebut.
Tempat wudhu dan kamar mandi terpisah dari gedung utama masjid sehingga tidak masuk dalam perencanaan kali ini. Serambi masjid direncanakan hanya di sisi timur dengan luasan yang cukup untuk jamaah yang menunaikan kegiatan sholat atau sekedar beristirahat di luar jam waktu sholat berjamaah bersama imam rawatib. Tidak ada sirkulasi udara alami karena menggunakan instalasi AC di dalam sistem penghawaannya. Namun pencahayaan alami diakomodasi dengan bukaan jendela dan pintu kaca di sisi utara selatan dan timur masjid.

Desain Masjid Antisipatif - Antisipasi Lantai
Desain Masjid Antisipatif - Antisipasi Lantai
Sebagai antisipasi, atap cor beton di atas teras direncanakan setinggi 3,65m. Ketinggian diperhitungkan setinggi itu agar bila sewaktu-waktu perlu peningkatan masjid menjadi dua lantai, tidak membutuhkan banyak anak tangga untuk mencapainya sehingga menghemat luasan area tangga yang dibutuhkan. Di atas atap cor beton direncanakan dinding hingga setinggi 0,85m agar plafon teras masjid terkesan tinggi dan megah dari luar.

Desain Masjid Antisipatif - Contoh Desain
Desain Masjid Antisipatif - Contoh Desain
Di sekeliling dinding atas plafon diaplikasikan ornamen roster berpola ornamentasi arsitektural Islam. Roster ornamen direncanakan berada tepat pada lunasan kolom terbesar masjid sehingga seluruh kolom dan dinding masjid di atas plafon terselimuti ornamentasi Islam secara menyeluruh. Adapun atap masjid menggunakan konstruksi atap enamel supaya bebannya ringan dan mengikuti trend arsitektural masjid.

Desain Masjid Antisipatif - Detail Potongan
Desain Masjid Antisipatif - Detail Potongan 

Dan yang tidak boleh terlewat, sloof di bawah tangga teras. Hal ini diperlukan agar tidak ada penurunan konstruksi tanah bangunan yang menyebabkan tangga teras menjadi retak dan rusak. Untuk kenyamanan, per anak tangga selisih 18 cm. 

Konsultan Archirecon.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU



Blog, Updated at: 13.15

0 komentar:

Posting Komentar