PERUMAHAN MINIMALIS BERGAYA ISLAMI 082-33333-9949

PERUMAHAN MINIMALIS BERGAYA ISLAMI 

PERUMAHAN MINIMALIS BERGAYA ISAMI - PROLOG


          Sebuah perumahan tidak selalu membutuhkan lahan yang luasannya berhektar-hektar. Luasan ribuan m2 bahkan ratusan m2 juga bisa dijadikan sebagai lahan berbisnis perumahan. Tentu saja dengan luasan ribuan m2 menuntut efisiensi penataan hunian. Efisiensi itu terletak pada penentuan ukuran setiap kavling dan penataan kavling-kavling sedemikian rupa sehingga tidak ada lahan yang tidak berdaya guna. Orientasi efisiensi ini adalah kecepatan penjualan dan margin keuntungan yang maksimal. Dengan kavling yang tidak begitu luas maka akan menekan biaya tanah sehingga memperluas pangsa pasar yang berkemampuan ekonomi menengah ke bawah. Dengan penataan kavling yang tepat maka margin keuntungan bisa di-maksimalkan. Simak penjelasan lebih lengkap tentang perumahan minimalis bergaya islami di bawah ini

Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Tampak Depan
Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Tampak Depan 

          Di atas perhitungan angka tersebut, ridho Allah tidak boleh di-abaikan sebab segala urusan akan selesai ketika mendapatkan pertolongan-Nya. Sebagai salah satu upaya maka sentuhan Arsi-tektur Islam juga perlu dilakukan.

PERUMAHAN MINIMALIS DENGAN SENTUHAN ISLAMI - TYPE 36

          Sentuhan arsitektur Islam pada type bangunan ini ada dua cara. Cara pertama adalah gubahan bentuk kubah lancip yang dijadikan sebagai vocal point fasad sehingga tampilan estetika rumah langsung terasa sebagai hunian yang berkarakter Islami. Hal itu diperkuat dengan cara kedua, yakni kehadiran ornamentasi Islam pada satu bukaan jendela ruang tamu.

Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Type 36
Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Type 36

Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Denah Type 36
Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Denah Type 36

PERUMAHAN MINIMALAIS BERGAYA ISLAMI - TYPE 45

          Tidak berbeda dengan type 36, sentuhan arsitektur Islam diwujudkan melalui dua cara yakni gubahan bentuk kubah lancip dan ornamentasi Islam. Perbedaannya dengan type 36 adalah bentuk kavling yang memanjang. Model kavling seperti ini memungkinkan carport diposisikan di samping bangunan dan tampilan fasad menjadi lebih luas. Carport pun terasa lebih lapang dan muat lebih dari satu kendaraan. Dengan luasan bangunan yang lebih besar, dapur bisa diposisikan di dalam bangunan. Ruang tamu tidak dibatasi tembok agar tidak terkesan sempit, namun owner bisa menambahkan sekat non permanen untuk memisahkan zona tamu dengan zona makan dan memasak.

Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Type 45
Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Type 45

Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Denah Type 45
Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - Denah Type 45

PERUMAHAN MINIMALIS BERGAYA ISLAMI - SITE


          Luasan lahan ribuan m2 dan berbentuk persegi cocok ditata secara linear sehingga benar-benar efektif dan tidak ada lahan terbuang percuma. Jalan akses cukup selebar 6 meter yang memisahkan kavling type 36 dengan type 45. One gate system menjadikan tingkat keamanan warga lebih terjamin. Lahan hijau yang cukup pada setiap kavling di depan bangunan menciptakan suasana perumahan yang asri.

Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - SITE
Perumahan Minimalis Dengan Sentuhan Islami - SITE

          Sentuhan arsitektur Islami di kawasan perumahan ini diletakkan pada lahan fasad gerbang perumahan. Olahan fasad gerbang direncanakan sedemikian rupa sehingga cocok ditempatkan gubahan bentuk kubah lancip sebagai satu bentukan yang seirama dengan yang dipakai setiap fasad bangunan rumah.

Konsultan Archirecon.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU


Blog, Updated at: 09.30

0 komentar:

Posting Komentar