JASA PERENCAAN HUNIAN TYPE 52 - BAITI JANNATI 082-33333-9949

JASA PERENCAAN HUNIAN TYPE 52 - BAITI JANNATI


JASA PERENCAAN HUNIAN TYPE 52 - BAITI JANNATI - PROLOG


Rumahku surgaku adalah sebuah ungkapan yang positif. Di dalamnya terkandung sebuah visi tentang bagaimana menata rumah dan kehidupan keluarga di dalamnya agar bisa menjadi tempat yang kondusif untuk meraih surga secara berjamaah. Ada beberapa prinsip yang harus ditegakkan agar kehidupan keluarga laksana kehidupan di dalam surga. 

Prinsip yang pertama adalah kebersamaan. Setiap anggota keluarga adalah manusia yang bisa melakukan kesalahan dan memiliki sejumlah persoalan. Dengan kebersamaan, antar anggota keluarga bisa saling mengingatkan, saling menutupi kekurangan dan menyusun solusi bersama mengatasi sejumlah persoalan. 

Prinsip yang kedua adalah aurat. Kehidupan di dalam rumah adalah kehidupan khusus yang perlu dijaga pandangannya dari kehidupan umum. Tidak boleh sembarang orang bisa memperhatikan berbagai macam aktivitas di dalam rumah kecuali atas izin dari tuan rumah. Hal itu dikarenakan kehidupan di dalam rumah adalah sebuah kehormatan yang perlu dijaga dari segala pandangan yang bisa menimbulkan fitnah.

JASA PERENCAAN HUNIAN TYPE 52 - BAITI JANNATI - KONSEP DAN APLIKASI

Agar rumah secara fisik memudahkan sebuah keluarga memenuhi prinsip baiti jannati, setidaknya ada dua hal yang perlu diterapkan, yakni kenyamanan termal dan efektifitas penataan ruang. Kenyamanan termal berfungsi agar rumah benar-benar bisa menjadi tempat bernaung dari teriknya matahari dan derasnya hujan.

Kenyamanan termal bisa diwujudkan dengan memperbanyak naungan. Hal itu bisa dilihat contoh penerapannya pada hunian type 52. 

Poin 1 adalah naungan beton. 

Poin 2 adalah kisi-kisi besi. 

poin 3 poin tersebut berfungsi untuk menaungi dinding yang berjendela.

Poin 4 adalah naungan beton yang dikombinasikan dengan permainan kaca. Kenyamanan termal juga bisa diwujudkan dengan memperbanyak jendela yang memiliki akses langsung udara luar. 

Poin 5 adalah jendela ruang tamu. 

Poin 6 adalah jendela ruang tidur. Keduanya memiliki akses langsung udara luar dan dinaungi oleh naungan sebagaimana dijelaskan di atas. Dari jendela tersebut, udara masuk ke dalam hunian dan keluar ke halaman belakang.

Untuk mempercantik tampilan hunian, aksen perlu ditambahkan. Poin 3 adalah akseSs dari hunian ini dengan menggunakan material batu alam dan lampu dinding. Akses ini juga sebagai penanda akses masuk hunian.

Jasa Perencanaan Hunian Type 52 - Baiti Jannati
Jasa Perencanaan Hunian Type 52 - Baiti Jannati
Efektifitas penataan ruang bisa diwujudkan dengan menyatukan beberapa fungsi hunian dalam satu ruang. 

Poin 9 adalah dapur. 

Poin 10 adalah tempat makan. 

Poin 12 adalah tempat keluarga. Ketiga poin tersebut berada dalam satu ruang yang menyatu. Dengannya kebersamaan akan lebih mudah didapat karena banyak aktivitas yang bisa terjadi dalam satu ruang yang cukup luas.

Agar kehidupan khusus keluarga bisa terjaga, ruang tamu  sebagaimana ditunjukkan oleh poin 7 direncanakan memiliki ruang tersendiri. Antara ruang tamu dengan ruangan lainnya dihubungkan dengan satu bukaan pintu yang memungkinkan untuk ditutup bila ada tamu. 

Pintu alternatif direncanakan di area dapur sebagai akses hunian alternatif terutama ketika tamu berkunjung. Sebagai penunjang, carport dengan lebar 2,75 meter memungkinkan mobil dan motor bisa parkir sebagaimana ditunjukkan poin 8. 

Sirkulasi termal diciptakan dengan rencana halaman belakang sebagaimana ditunjukkan poin 14. Kamar mandi direncanakan berada di belakang sebagaimana ditunjukkan poin 15. Akses udara dan cahaya langsung, menjadikan kamar mandi senantiasa cepat kering dan sehat.

Jasa Perencanaan Hunian Type 52 - Baiti Jannati
Jasa Perencanaan Hunian Type 52 - Baiti Jannati


Konsultan Archirecon.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU




Blog, Updated at: 13.21

0 komentar:

Posting Komentar