INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 082-33333-9949

INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3

INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 - LANJUTAN BAGIAN 2


Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Lanjutan Bagian 2


INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 - KOLAM IKAN 

Kolam Ikan merupakan salah satu elemen penting yang perlu dihadirkan pada innercourt suatu hunian. Dilengkapi dengan perencanaan air mancur pada kolam ikan akan menguatkan suasana alam. Kehadiran elemen ini akan menjadikan penghuninya merasakan ketenangan dan juga kesegaran sehingga kelelahan selepas menyelesaikan berbagai macam aktivitas akan lebih mudah dinetralisir. Penambahan ornamentasi Islam dan lafadz tauhid mengingatkan penghuni akan keagungan penciptaan-Nya.

Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Kolam Ikan
Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Kolam Ikan

INTEGRASI HUNIAN PRBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 - DAPUR

Dapur memiliki tiga fungsi, yakni pencucian, pengolahan dan penyimpanan. Tempat makan ditempatkan dalam area yang sama untuk mengefektifkan sirkulasi penghuni antara tempat makan dan dapur. Lokasi Dapur berada di dekat kolam ikan sehingga menambah kenyamanan saat menyantap makanan.

Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Dapur
Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Dapur


INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 - KORIDOR

Koridor bisa dimanfaatkan sebagai tempat relaksasi dengan menempatkan kursi dan meja di sepanjangnya. Dengan koridor menghadap kolam ikan sebagai elemen penting innercourt, tentu relaksasi penghuni kos akan bisa maksimal. Selain itu terdapat tempat berdiskusi pada sebagian area innercourt. Tanaman-tanaman dalam pot diletakkan secara merata pada lantai dan dinding sehingga suasana alami tercapai.

Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Koridor
Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Koridor


INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 - MUSHOLLA

Kehadiran mushola merupakan sebuah fungsi yang penting untuk dihadirkan. Tidak selamanya penghuni kos sempat menunaikan ibadah ritual ke masjid, maka kehadiran mushola akan bisa melayani kegiatan ibadah lebih khushu’ daripada dilakukan di dalam kamar kos. Selain itu, kehadirannya memungkinkan terjadinya kegiatan ibadah secara berjamaah sehingga makin mempererat tali persaudaraan di antara mereka terutama yang muslim. Mushola diposisikan bisa diakses langsung dari innercourt supaya setiap penghuni mudah terjangkau dari tempat mereka berkumpul. Adapun tempat wudhu berada dekat dengan kolam ikan.

Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Musholla
Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Musholla

INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 - RUANG BERSAMA 

Nilai sosial antar penghuni kos perlu diwadahi dengan kehadiran ruang bersama. Di dalamnya antar penghuni kos bisa berbagi cerita dan berbagi ide. Kegiatan belajar bersama juga bisa dilakukan. Keakraban lebih mudah didapat ketika berkumpul, bercengkrama dan bercanda. Fasilitas televisi bisa dihadirkan untuk menambah daya tarik ruang bersama untuk dijadikan tempat favorit penghuni kos berkumpul.
INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 - RUANG BERSAMA
Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Ruang Bersama 

INTEGRASI HUNIAN PRIBADI DAN HUNIAN KOS BAGIAN 3 - RUANG TAMU 

Ruang tamu owner direncanakan memiliki akses view ke tempat parkir kendaraan kos secara langsung. Hal itu untuk memudahkan penghuni kos melakukan pengawasan keluar masuk orang dan kendaraan. Hal itu pula berfungsi untuk keamanan dari tindakan kejahatan pencurian. Dengan sentuhan lukisan kaligrafi, kesan religius amat terasa.

Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Ruang Tamu
Integrasi Hunian Pribadi Dan Hunian Kos Bagian 3 - Ruang Tamu

Demikianlah serial perencanaan peng integrasian hunian pribadi dengan hunian kos. Satu prinsip yang harus ditegakkan adalah bagaimana perencanaan ruang yang mampu menjaga privasi setiap penghuni sekaligus mampu mengakomodasi interaksi antar penghuni di dalamnya, baik penghuni kos maupun owner. Suasana alam diupayakan hadir demi memaksimalkan kenyamanan. Nuansa dan kegiatan religius juga perlu dihadirkan agar setiap penghuni mudah mengingat keagungan-Nya dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan. Semoga bisa menjadi ide kita dalam merencanakan hunian pribadi

Konsultan Archirecon.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU





Blog, Updated at: 12.42

0 komentar:

Posting Komentar