MASJID DAN ELEMEN PENTING DI DALAMNYA 082-33333-9949

ELEMEN RUANG MASJID 

               Masjid adalah tempat peribadahan kaum muslim secara berjamaah. Di Indonesia, masjid dibedakan dengan mushola dengan ukuran yang lebih luas setidaknya bisa menampung 40 jamaah. Jumlah daya tampung ini disyaratkan agar kemudian masjid bisa digunakan untuk ibadah sholat Jum’ah sehingga menutup perbedaan pendapat kaum muslim yang sebagian meyakini sahnya sholat Jum’ah bila jamaahnya berjumlah minimal 40 orang. Untuk memenuhi fungsi tersebut, masjid memiliki 3 elemen ruang primer dan 4 elemen ruang sekunder. 3 elemen primer ini adalah tempat wudhu, tempat shaft jamaah, dan mihrab (tempat imam sholat). Dikatakan primer karena memang keharusan keberadaannya sehingga sholat berjamaah bisa berjalan. Adapun 4 elemen ruang sekunder adalah KM, tempat takmir, tempat audio visual elektrikal dan parkir. Dikatakan sekunder karena keberadaannya untuk menunjang kegiatan beribadah di dalam masjid. Keberadaannya akan membuat pengurus masjid mudah melakukan koordinasi bersama untuk menjaga kenyamanan para jamaah saat beribadah.

ELEMEN RUANG MAJID - CONTOH MASJID
Elemen Ruang Masjid - Contoh Dalam Masjid 

ELEMEN RUANG MASJID - PROLOG

ELEMEN ARSITEKTURAL MASJID 

Selain elemen ruang, elemen arsitektural juga perlu diperhatikan karena sangat terkait dengan identitas sebuah masjid. Pengabaian terhadap elemen ini akan menjadikan tampilan bangunan
tidak terlihat seperti masjid sehingga menjadikan kaum muslim menilainya hanya sekedar bangunan biasa.

ELEMEN RUANG MASJID - CONTOH DEPAN MASJID
Elemen Ruang Masjid - Contoh Depan Masjid 

               Kaum muslim, dengan banyaknya aktivitas sehari-hari, dituntut untuk bisa menegakkan sholat berjamaah di dalam masjid terutama bagi lelaki. Oleh karenanya, ketika ada panggilan adzan, kaum muslim didorong untuk meninggalkan aktivitas dunianya untuk segera ke masjid meskipun sedang dalam perjalanan di atas kendaraan. Di sinilah fungsi elemen arsitektural akan sangat diperlukan sehingga memudahkan kaum muslimin mengetahui keberadaan masjid yang terdekat meski berada di lokasi yang baru saja dikenali. Inilah salah satu fungsi elemen arsitektural masjid.

                   Adapun 4 elemen arsitektural masjid adalah minaret (menara masjid), kubah / atap utama yang berjenjang, permainan bukaan ceruk pada pintu-jendela dan ornamentasi. Semakin lengkap elemen ini diaplikasikan maka kaum muslim semakin mudah untuk mengenalinya sebagai masjid. Begitu pula sebaliknya.

ELEMEN RUANG MASJID - TEMPAT WUDHU PRIA-WANITA
Elemen Ruang Masjid - Tempat Wudhu Pria-Wanita 

               Demikianlah elemen ruang dan arsitektur masjid. Seluruh perkembangan teknologi dan gaya arsitektur yang berkembang senantiasa mengacu pada elemen-elemen tersebut. Oleh karenanya, elemen-elemen tersebut harus senantiasa menjadi pegangan bagi setiap perencana maupun pelaksana pembangunan masjid di mana pun.

Konsultan Archirecon.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Sekolah Minimalis Hubungi 082.33333.9949

Desain Arsitektur Pesantren Hubungi 082.33333.9949

DESAIN HUNIAN BERATAP JENGKI 082-33333-9949