Jasa Inspirasi Rumah 2 Lantai Di Lahan Hook 082-33333-9949

PERENCANAAN RUMAH 2 LANTAI DI LAHAN HOOK 

              Lahan hook memiliki banyak potensi. Potensi pertama adalah akses. Dengan posisi di lahan hook, rumah memiliki dua akses sehingga memberikan peluang bagi penghuni dua sirkulasi, yakni sirkulasi primer dan sirkulasi sekunder. Sirkulasi primer umumnya digunakan sebagai akses masuk rumah melalui ruang tamu. Sirkulasi sekunder umumnya digunakan sebagai akses masuk rumah melalui ruang service, seperti dapur. Potensi kedua adalah sirkulasi udara. Dengan posisi  di lahan hook, sirkulasi udara akan lebih lancar. Udara yang masuk melalui jendela atau pintu di depan, bisa kemudian disalurkan dan dikeluarkan melalui jendela atau pintu di sampingnya, begitu pula sebaliknya. Potensi ketiga adalah maksimalisasi pencahayaan alami. Sinar cahaya matahari bisa dimanfaatkan lebih maksimal karena memiliki dua sumber sisi pencahayaan. Hanya saja tetap memperhatikan dengan cahaya yang datang dari sisi barat sebab mengandung unsur panas yang bisa membuat gerah ruangan di dalam rumah terutama sore hari. Potensi keempat adalah estetika tampilan bangunan. Dengan posisi di hook, tampilan fasad akan lebih indah karena memiliki dua sisi bangunan yang bisa ditonjolkan estetikanya. Penataan jendela, pintu, warna dan aksesoris dinding adalah unsur-unsur yang perlu diperhatikan agar tertata secara harmonis tanpa perlu kehilangan fungsi masing-masing ruang. Inilah empat potensi setidaknya yang ada di lahan hook. Oleh karenanya, jika kita memiliki lahan hook untuk kemudian kita bangunkan rumah seperti contoh gambar di bawah, maka maksimalkan empat potensi tersebut sehingga terwujudlah rumah yang diidam-idamkan. Maka kita lihat bersama perencanaan rumah 2 lantai di lahan hook sebagai berikut!


Perencanaan Rumah 2 Lantai di Lahan Hook - Contoh Rumah
Perencanaan Rumah 2 Lantai di Lahan Hook - Contoh Rumah

PERENCANAAN RUMAH 2 LANTAI DI LAHAN HOOK - PROLOG 

TAMPILAN BANGUNAN

             Contoh studi kali ini adalah lahan hook dengan ukuran 11x14. Lahan ini menghadap selatan dan disampingnya adalah sisi barat. Bangunan memiliki dua tampilan eksterior yang menghadap selatan dan barat. Pada sisi selatan, tampilan bangunan memaksimalkan bukaan berupa jendela dan pintu dengan dimensi yang besar. Agar lebih maksimal, balkon juga direncanakan pula hadir di lantai dua. Upaya tersebut selain sebagai fungsi estetika juga sebagai fungsi sirkulasi udara dan pencahayaan alami dari arah selatan. Mari simak gambar di bawah ini!


Perencanaan Rumah 2 Lantai di Lahan Hook - Tampilan Bangunan
Perencanaan Rumah 2 Lantai di Lahan Hook - Tampilan Bangunan

DENAH LANTAI 1

         Owner memiliki kebutuhan 6 ruang untuk anak-anak dan orang tua dan 1 ruang untuk pembantu. Kebutuhan tersebut diakomodasi dengan menata 3 ruang tidur untuk 1 pembantu, 1 anak dan orang tua. Untuk ruang tidur orang tua, disediakan ruang kamar mandi dalam. Untuk anak dan pembantu disediakan kamar mandi luar. Ruang tidur dan kamar mandi pembantu disatukan dalam ruang dapur sebagai satu area service. Akses menuju rumah dibuat dua sirkulasi, sirkulasi melalui ruang tamu sebagai akses utama dan sirkulasi melalui ruang service sebagai akses sekunder yang ada di samping bangunan. Direncanakan area hijau di sisi selatan dan barat serta di sisi belakang. Dengan penataan area hijau tersebut, diharapkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami bisa lancar. Mari simak gambar di bawah ini!


Perencanaan Rumah 2 Lantai di Lahan Hook - Gambar Denah Lantai 1
Perencanaan Rumah 2 Lantai di Lahan Hook - Gambar Denah Lant

DENAH LANTAI 2

               4 ruang berikutnya di letakkan pada lantai 2 yang akan difungsikan sebagai ruang tidur anak-anak. Kamar mandi direncanakan diakses dari luar dan berjumlah 2 unit. Bukaan pada sisi barat diminimalkan agar tidak banyak pencahayaan alami dari barat yang mengandung hawa panas terutama sore hari. Dengan adanya area hijau di belakang, ruang tidur yang berada di posisi belakang mendapatkan akses sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik dari area hijau tersebut. Selain itu, sirkulasi udara yang masuk dari selatan bisa kemudian disalurkan ke area belakang, begitu pula sebaliknya. Koridor penghubung di antara empat ruang tidur anak bisa difungsikan sebagai area bersama. Jendela pada sisi barat diposisikan di samping tangga sehingga pencahayaan yang datang dari sisi barat tidak membuat gerah penghuni sebab hanya mengenai sisi area sirkulasi semata. Mari simak gambar di bawah ini!


Perencanaan Rumah 2 Lantai di Lahan Hook - Gambar Denah Lantai 2
Perencanaan Rumah 2 Lantai di Lahan Hook - Gambar Denah Lantai

                Demikianlah contoh pemanfaatan empat potensi perencanan rumah 2 lantai di lahan hook secara maksimal dalam perencanaan bangunan dua lantai dengan mengakomodasi seluruh kebutuhan ruang. Sirkulasi udara yang lancar, dua akses masuk dan pencahayaan alami yang cukup membuat penghuni merasa nyaman di dalam rumah. Dan dengan tampilan yang indah di kedua sisi bangunan, membuat penghuni dan siapapun senang melihat rumah tersebut.

Konsultan Archirecon.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Sekolah Minimalis Hubungi 082.33333.9949

Desain Arsitektur Pesantren Hubungi 082.33333.9949

DESAIN HUNIAN BERATAP JENGKI 082-33333-9949