DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI 082-33333-9949

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI

Merencanakan hunian mewah islami di atas lahan yang sempit membutuhkan strategi tertentu agar kemudian mampu mengakomodasi beberapa kebutuhan ruang. Strategi pertama adalah orientasi perencanaan ke arah vertikal. Strategi kedua adalah pemanfaatan satu ruang untuk beberapa fungsi dengan permainan furniture. Dua strategi ini harus senantiasa dipakai saat merencanakan hunian di atas lahan sempit. Berikut mari kita bahas desain hunian mewah islami dilahan yang sempit di bawah ini!

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - PROLOG

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - TAMPAK DEPAN

Salah satu lahan sempit yang dipakai sebagai studi kasus kali ini adalah lahan berukuran 6x14. Langkah pertama adalah merencanakan hunian dua lantai sebagai implementasi perencanaan yang berorientasi ke arah vertikal. Dengan begitu, hunian akan memiliki luas bidang yang lebih besar untuk mengakomodasi beberapa ruang di dalamnya. Direncanakan dua lantai saja sebab hunian mewah yang islami yang nyaman memiliki jumlah lantai maksimal 2. Berikut contoh desain gambar di bawah ini!

DESAIN HUNAIN MEWAH ISLAMI - TAMPAK DEPAN
Desain Hunian Mewah Islami - Tampak Depan 

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - DENAH LANTAI 1

Berikutnya langkah kedua adalah melakukan penataan berbagai macam ruang di dalam hunian mewah islami. Pada contoh perencanaan ini, ruangan yang bisa diakomodasi adalah 4 ruang tidur, 2 kamar mandi, ruang tamu, keluarga, dapur dan tempat makan. Dari macam-macam ruang tersebut ada beberapa ruang yang bisa disatukan dalam satu ruang saja. Ruang tersebut adalah ruang tamu dan ruang keluarga disatukan menjadi ruang bersama. Selain itu, ruang dapur dan tempat makan juga bisa disatukan dalam satu ruangan. Berikut contoh desain gambar di bawah ini!

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - DENAH
Desain Hunian Mewah Islami - Denah 

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - RUANG TIDUR

Ruang tidur direncanakan tidak hanya berfungsi sebagai tempat tidur melainkan juga tempat bercengkrama antara pasangan suami istri yang sangat privat. Oleh karenanya direncanakan pula kabinet dan olahan ornamen dinding untuk penempatan televisi dan peralatan video. Penempatan ruang tidur ini berada di lantai dekat dengan carport sehingga bisa melihat siapa saja tamu yang datang. Berikut contoh desain gambar di bawah ini

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - RUANG TIDUR
Desain Hunian Mewah Islami - Ruang Tidur

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - DAPUR DAN TEMPAT MAKAN 

Dapur direncanakan menyatu dengan tempat makan sekaligus. Penyatuan dilakukan dengan perencanaan kabinet dapur yang menyatu dengan tempat makan 1 kursi. Kabinet dinding juga direncanakan untuk memaksimalkan tempat penyimpanan persediaan dapur. Dinding juga harus direncanakan berkeramik agar memudahkan pembersihan dinding dari kekotoran sesudah memasak. Berikut contoh desain gambar sebagai berikut!

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - DAPUR DAN TEMPAT MAKAN
Desain Hunian Mewah Islami - Dapur Dan Tempat Makan 

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - RUANG TAMU DAN KELUARGA

Ruang tamu dan keluarga disatukan menjadi ruangan. Hal ini untuk memaksimalkan ruangan agar memiliki lebih dari satu fungsi. Kedua fungsi ini bisa disatukan dengan catatan kehadiran tamu ke rumah tidak sangat sering dan insidentil. Dengan begitu keluarga tidak merasa terganggu saat memanfaatkannya karena kehadiran tamu yang jarang. Antara ruangan ini dengan dapur
dipisah dengan dinding partisi rendah setinggi 1,8 meter agar tidak terkesan sempit. Di sini juga ditempatkan kabinet untuk penempatan TV, audio dan VCD player agar bisa maksimal dimanfaatkan untuk sekeluarga saling bercengkrama. Berikut contoh desain gambar di bawah ini!

Desain Hunian Mewah Islami - Ruang Tamu Dan Keluarga

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - RUANG TAMU DAN KELUARGA
Desain Hunian Mewah Islami - Ruang Tamu Dan Keluarga

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - DENAH LANTAI 2 

Kolam renang merupakan salah satu fasilitas yang cukup mewah jika diakomodasi di dalam sebuah hunian mewah islami. Meski demikian, bukan berarti kolam renang membutuhkan lahan yang luas. Dengan berpegang pada prinsip berorientasi ke atas dan maksimalisasi beberapa fungsi ruang menjadi satu ruang saja, maka akan tersedia lahan yang cukup untuk penempatan kolam renang yang sederhana. Hal itu bisa ditemukan pada perencanaan berikut ini (melanjutkan uraian perencanaan dua lantai di lahan 6x14). Berikut contoh desain gamabr di bawah ini!


DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - DENAH KOLAM RENANG
Desain Hunian Mewah Islami - Denah Kolam Renang

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - KOLAM RENANG

Lahan belakang dengan ukuran 2,5 x 6 meter bisa difungsikan sebagai kolam renang sederhana. Kolam renang ini bisa digunakan penghuni untuk berendam dan bermain air bersama anak-anak. Direncanakan juga olahan sculpture di salah satu sisi dinding untuk memberikan kesegaran suasana dengan permainan air mancurnya. Sebagian area dinaungi atap polikarbonat agar teras tidak terkena tampias hujan. Berikut contoh desain gambar di bawah!

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - KOLAM RENANG
Desain Hunian Mewah Islami - Kolam Renang

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - RUANG TIDUR 2

Setiap ruang tidur direncanakan dengan memiliki akses langsung dengan pencahayaan dan udara alami melalui jendela. Hal ini agar ruangan tidak lembab dan pengab. Perencanaan furniture tempat tidur menyatu dengan olahan dinding dan kabinet meja kecil kanan dan kiri. Direncanakan lampu dinding di atas meja untuk kebutuhan penerangan membaca buku saat diperlukan. Berikut contoh desain gambar di bawah ini!

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - RUANG TIDUR 2
Desain Hunian Mewah Islami - Ruang Tidur 2

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - RUANG TIDUR 3

Ruang tidur ini dilengkapi dengan balkon. Balkon direncanakan tidak begitu besar dengan ukuran 1x3 meter. Hal ini karena balkon berada di sisi depan rumah yang cenderung tidak banyak digunakan oleh penghuni. Setiap sisi dinding di belakang kasur diolah dengan permainan partisi dan wallpaper sehingga suasana tempat tidur terkesan mewah. Berikut contoh desain gambar di bawah ini!

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - RUANG TIDUR 4
Desain Hunian Mewah Islami - Ruang Tidur 3

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - KAMAR MANDI 

Lantai dan dinding kamar mandi bisa direncanakan dengan menggunakan 3 pola keramik seperti gambar di samping. pola keramik pertama berukuran 30x30 sebagai pola dasar . Pola keramik kedua berpola mozaik hitam yang tertata secara vertikal sebagai area basah untuk mandi dan penempatan shower. Pola keramik ketiga berpola mozaik krem muda yang tertata secara horizontal sebagai ban/sabuk dengan lebar 1,2 meter. Penempatan peralatan mandi diletakkan pada sisi dinding di belakang kloset berkeramik pola ketiga. Begitu pula tempat gantung pakaian ada di samping kloset tepat pada dinding berkeramik pola mozaik krem. Dengan perencanaan ini, pembagian fungsi area basah dan kering akan terlihat dan terakomodasi dengan jelas dan cantik sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan. Berikut contoh desain gambar di bawah ini!

DESAIN HUNIAN MEWAH ISLAMI - KAMAR MANDI
Desain Hunian Mewah Islami - Kamar Tidur

Konsultan Archirecon.

Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen proyek.
Initiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU


Blog, Updated at: 11.50

0 komentar:

Posting Komentar