DESAIN HUNIAN ISLAMI DI LAHAN SEMPIT DAN MEMANJANG 0823.3333.9949

DESAIN HUNIAN ISLAMI - PROLOG

Setiap lahan memiliki potensi masing-masing. Meski nampak tidak ideal, jika digali maka akan kita temukan solusinya sehingga tetap ideal. Contohnya adalah lahan yang akan direncanakan kali ini. Lahan ini berukuran 8x19. Owner berkehendak lahan ini dibangunkan 2 unit rumah dengan lahan masing-masing 4x19. Lahan sempit dan memanjang seperti ini akan menemukan dua hal yang nampak tidak ideal, yakni sempitnya sirkulasi dan sulitnya pencahayaan serta udara secara alami. Oleh karena itu di kesempatan kali ini mari lihat rencana untuk desain hunian islami dengan lahan sempit dan memajang yang tetap ideal, berikut dibawah ini.

DESAIN HUNIAN ISLAMI - DETAIL PERENCANAAN

DESAIN HUNIAN ISLAMI - DENAH

Prinsip pertama untuk mengatasi sirkulasi yang sempit adalah minimalisir koridor yang terlalu panjang dan cukup lebar untuk penghuni lewati. Pada perencanaan ini, ukuran koridor yang diambil adalah 1,5x5 meter. Jelasnya, lihat gambar di bawah ini.
Selain koridor, harus ada titik node di ujung koridor yang luas. Dalam perencanaan ini, titik nodenya adalah ruang makan dan dapur. Titik node ini berfungsi sebagai tempat bertemu dan berkumpul. Dengan titik node ini, penghuni tetap akan merasa lega di lahan yang sempit
Desain Hunian Sempit Dan Memanjang Islami - Denah
Desain Hunian Sempit Dan Memanjang Islami - Denah

DESAIN HUNIAN ISLAMI - POTONGAN 3D

Potongan 3D bawah untuk menggambarkan solusi penyelesaian kebutuhan akan sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Titik penyelesaiannya ada pada olahan talang beton. Tidak semua talang beton dibuat datar. Pada sisi talang tepat di atas tempat cuci dan jemur ditinggikan. Talang yang ditinggikan itu diberikan material transparan, bisa polikarbonat atau kaca bening untuk pencahayaan alaminya. Rangka besi talang transparan berada di atas dudukan talang agar ada sirkulasi udaranya pada sela rangkanya. Lihat gambar di bawah ini,


Desain Hunian Sempit Dan Memanjang Islami - Potongan 3D
Desain Hunian Sempit Dan Memanjang Islami - Potongan 3D

DESAIN HUNIAN ISLAMI - TAMPAK DEPAN

Atap genteng direncanakan model atap pelana separuh. Hal itu karena dua pertimbangan. Pertama, talang beton hanya satu sisi saja tidak dua sisi. Kedua, agar bangunan terlihat tinggi dan gagah. Plafon rumah direncanakan hanya 3 meter sebab lebar bangunan hanya 4 meter. Jika terlalu tinggi akan terkesan jangkung dan tidak proporsional baik dilihat dari luar maupun bila penghuni berada di dalam rumah.
Di atas teras terdapat atap dak beton untuk memberikan naungan dan pelindung dari tampias hujan yang berlebihan. Dak beton memanjang sampai taman kecil di samping carport. Agar lebih menarik, sekaligus tuntutan struktur, atap dak beton disangga beberapa kolom penyangga. Dinding pembatas pagar juga diselesaikan dengan beberapa tali air vertikal agar rumah tetap terkesan tinggi. Selain itu, jendela di depan ruang tamu direncanakan memanjang dengan ketinggian dari lantai 1,2 meter agar ada space di ruang tamu untuk meletakkan furniture meja dan kabinet. Gevel atap tidak dibiarkan polos, melainkan diberi ukiran minimalis dengan mengacu pada ornamen kufi. Ornamen ini memberikan kesan islami pada tampilan bangunan.
Desain Hunian Sempit Dan Memanjang Islami - Tampak Depan
Desain Hunian Sempit Dan Memanjang Islami - Tampak Depan

DESAIN HUNIAN SEMPIT DAN MEMANJANG ISLAMI - DETAIL ARSITEKTUR

DESAIN HUNIAN SEMPIT DAN MEMANJANG ISLAMI - ORNAMEN KUFI

Ornamen kufi adalah ornamentasi lafadz-lafadz Allah, Muhammad dan dzikir yang divisualisasikan secara geometris. Contoh ornamentasi kufi ini bertuliskan “bismillah”. Ornamentasi ini cocok diaplikasikan pada tampilan minimalis. Pada perencanaan ini, ornamen kufi “Allah” diaplikasikan pada gevel di atas atap dak teras dan carport.
Ornamen Kufi
KONSULTAN ARCHIRECON.
Arsitektur, Landscape, Interior, Manajemen Proyek.
Intiator Brand & Idea in Islamic Architecture.
082-33333-9949 


Blog, Updated at: 11.35

0 komentar:

Posting Komentar