PERENCANAAN PESANTREN BRATANG GEDE (OLAHAN DARI DESAIN RUMAH MINIMALIS SEBELUMNYA) 0823.3333.9949

PERENCANAAN DESAIN RUMAH MINIMALIS MENJADI PESANTREN - PROLOG

Desain Rumah Minimalis Jadi Pesantren - Tampak Depan
Desain Rumah Minimalis Jadi Pesantren - Tampak Depan
Pesantren ini berlokasi di jalan Bratang Gede 3F. Tempat yang ditetapkan sudah berdiri rumah lama. Di dalam perencanaannya, rumah lama ini dirobohkan seluruhnya sehingga perencanaan tidak perlu mempertimbangkan perencanaan rumah sebelumnya. Pesantren ini direncanakan memiliki 4 lantai dengan kebutuhan sebagai berikut ini :

Desain Rumah Minimimalis Jadi Pesantren Lantai 1

  1. Parkir mobil motor
  2. R Loby
  3. R Penerima Tamu dan Kamar Tidur Tamu
  4. KM
  5. R Makan
  6. Dapur
  7. 2 Akses Tangga. Tangga Untuk Internal dan Eksternal
Desain Rumah Minimimalis Jadi Pesantren Lantai 2
  1. Mushola
  2. T Wudhu dan KM
  3. T Penjaga Mushola
Desain Rumah Minimimalis Jadi Pesantren Lantai 3
  1. R Tidur Ustadz
  2. KM
  3. R Cuci
Desain Rumah Minimimalis Jadi Pesantren Lantai 4


  1. Jemuran

Secara detail semua kebutuhan tersebut diterjemahkan dalam bahasa gambar sebagai berikut ini

PERENCANAAN DESAIN RUMAH MINIMALIS JADI PESANTREN - DENAH

PERENCANAAN DESAIN RUMAH MINIMALIS JADI PESANTREN - DENAH LANTAI 1

Desain Rumah Minimalis Jadi Pesantren - Denah Lt 1
Dalam menata ruang, hal-hal yang diperhatikan adalah bagaimana kemudian bisa menyediakan taman di belakang. Hal ini penting untuk sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Posisi dapur yang sangat membutuhkan sirkulasi udara langsung ditempatkan berbatasan dengan taman. R Makan agar nyaman ditempatkan pula berdekatan dengan dapur dan taman belakang. Taman belakang ini akan menjadi void bagi lantai 2, 3 dan 4 yang akan terlihat pada perencanaan denah selanjutnya.
Selain itu, dalam penataan ruang harus bisa memisahkan antara ruang-ruang yang cukup diakses oleh khalayak umum dan ruang-ruang yang bisa diakses oleh karyawan, pemilik atau orang yang berkepentingan dalam layanan service internal pesantren. Dari sini kemudian penataan ruang loby, penerima tamu, kamar tidur tamu dan kamar mandi ditempatkan terpisah dengan ruang-ruang lainnya. Hal itu pula yang mendasari ada dua akses menuju ruang-ruang internal, yang pertama dari ruang penerima tamu dan kedua dari bawah tangga. Tangga pun dipisah menjadi dua akses.

PERENCANAAN DESAIN RUMAH MINIMALIS JADI PESANTREN - DENAH LANTAI 2

Desain Rumah Minimalis Jadi Pesantren - Denah Lt 2

Perencanaan lantai 2 yang menjadi titik poin adalah mushola. Mushola ini bisa diakses oleh khalayak umum maupun oleh karyawan atau internal pesantren. Di sini kemudian titik penting adanya dua tangga. Tangga depan agar khalayak umum bisa langsung mengakses mushola langsung tanpa melewati ruang-ruang yang memang diperuntukkan internal pesantren. Sementara tangga belakang untuk memudahkan internal pesantren dalam mengakses ruang-ruang yang memang diperuntukkan internal pesantren termasuk mushola.
Dalam perencanaannya, dinding mushola sebelah selatan ditempatkan jendela semua dengan lebar dan tinggi yang mampu memenuhi keseluruhan dinding. Agar mushola tidak terkena cahaya langsung, setelah ditempatkan jendela, ditempatkan pula kisi-kisi ornamentasi Islam. Kisi-kisi inilah yang kemudian menjadi daya tarik dari tampak pesantren ini. 

PERENCANAAN DESAIN RUMAH MINIMALIS JADI PESANTREN - DENAH LANTAI 3

Desain Rumah Minimalis Jadi Pesantren - Denah Lt 3
Perencanaan lantai 3 menitik beratkan pada penginapan para ustadz. Lahan yang tersedia dicoba dimaksimalkan semuanya untuk kamar tidur setelah lahan untuk service sudah dialokasikan. Lahan service yang penting bagi penginapan yang nyaman adalah ruang bersama, balkon dan kamar mandi. Adapun tempat cuci disediakan satu area dengan kamar mandi sebab sama-sama aura basah. Koridor dibuat selebar 1,5 meter dan tidak terlalu panjang supaya sirkulasi udara, cahaya alami dan pergerakan menjadi mudah.

PERENCANAAN DESAIN RUMAH MINIMALIS JADI PESANTREN - DENAH LANTAI 4

DESAIN RUMAH MINIMALIS JADI PESANTREN - DENAH LANTAI 4
Perencanaan lantai 4 lebih mudah, yakni menempatkan posisi jemuran. Di tempat jemuran inilah tandon air diletakkan. Dengan posisi jemuran yang terletak di bangunan teratas memungkinkan pengeringan pakaian cucian bisa cepat. Agar tidak terkena hujan, di atas atap jemuran direncanakan atap polyvinyl.

PERENCANAAN DESAIN RUMAH MINIMALIS JADI PESANTREN - POTONGAN

DESAIN RUMAH MINIMALIS JADI PESANTREN - POTONGAN
Gambar potongan ini mampu memperjelas skema penataan ruang dari perencanaan ini.

Selain gambar denah dan potongan yang disajikan dalam tulisan ini, Anda juga bisa melihat perencanaan interior pesantren Bratang Gede di http://goo.gl/CwWcjN


Selain bertanya di kolom komentar ini, Anda juga bisa langsung menghubungi kami via nomor 0823.3333.9949 atau klik WA Link : https://goo.gl/FEJyLU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Desain Sekolah Minimalis Hubungi 082.33333.9949

Desain Arsitektur Pesantren Hubungi 082.33333.9949

DESAIN HUNIAN BERATAP JENGKI 082-33333-9949